Mean It

…I’m callin’, no answer. But you text me when you feel like When it feels right to you But I’m all, I’m all in I’m fallin’ faster But if you’re looking at me with a Heart of doubt….

[Soundtrack : Lauv & LANY – Mean It]

Gue turun dari kereta api jurusan UI menuju Bogor. Pemberhentian terakhir. Harusnya jam-jam segini udah sepi, tapi mungkin karena besok hari libur Nyepi, penumpangnya numplek banget. Jadi inget kereta api masih satu jalur. jalur berangkat, sama jalur pulang, cuma satu rel…

Gue gendong ransel gue yg besar dengan hati-hati, udah banyak korban ransel jumbo gue yang suka nabrak-nabrak kiri kanan. kali ini..tidak terkecuali…

Mahasiswi : ” aduh!..” wajahnya gak cemberut, tapi jelas kesel

Gue : ” eh sori”… kena lagi dah, dodol

Mhswi : ” mmhh ..” ga jawab cuman ngangguk sambil mendengus pelan, lalu pergi ke arah lain

Gue : ” akhirnya..” berdiri di bawah trap turun kereta, diem bentar sambil meregangkan pinggang, ke kiri ke kanan. “..balik juga”

gue langsung ke pintu keluar,  tetep ngantri. dan di pintu keluar, angkutan umum sudah menanti seperti pasukan paskibra yang sedang baris berbaris rapih. gue lsg liat jurusan ke rumah gue.. aHa! itu dia..pikirku, no 05.

gue buru buru naik, berebutan ama karyawan-karyawan, ransel sambil gue copot dari bahu gue satu, ..lalu sebelah lagi, settt, langsung gue ayun ke dalam angkot persis di bangku deket pintu keluar, buuggg!…aihh, kena orang lagi.

Gue : ” duh maa’a…..” tas ransel masih menutupi org itu, dan org itu lsg menurunkan ransel dari mukanya, ..whoilaaa, taraaaa… cewe yg tadi kena ransel gue! ” …aaff!” aku ga enak hati, tapi kesel juga. kenapa ni orang lagi sih…yg kena. ga ada yg laen apa?

Mhswi : ” ati ati dong ka…” kali ini dia bener bener sewot.

Gue : “iya iya.” jawab gue singkat.. lalu diam, pura pura ga ada apa apa…

setelah ngetem 10 menit, penuh..angkutan gue lsg jalan. gue liat jam, masih siang pikir gue. pas mau deket tempat berhenti gue,..gue lsg teriak ke supir angkutan yg duduk persis di belakang gue.

Gue : ” Kiriiii ..” Mhsi : ” Kiriiiiiii..” kita tereak bareng. wow kompak sekalee..anjirr.  gue dan si cewe ini saling mandang. apa? ada yang aneh? emangnya gue ngintil nguntit elu?? gue seolah ngobrol ma dia. tapi dalam hati.

Mhswi : ” ya brenti bang. disini…” cuek, sambil seolah kita tuh ga tereak bareng ..padahal jelas kita narik perhatian orang semobil. orang yang ga liat kita itu yang nyangka kita berdua ni temenan….

Dia turun duluan, lalu bayar. diikutin gue. sambil nunggu kembalian yang lama, gue liatin dia, ke arah mana di jalan tuh si mahasiswi aneh itu…hm, rupanya sih cantik bagi gue. yaa nilainya 8,5 lah.

Supir angkot : ” mas… woi mass… massssss.” tereak.. gue kaget, krn lagi liat tu cewe. kembalian gue ambil dan gue jalan ke arah cewe itu jalan. iya gaes.. rumah gue juga ke arah situ…dodol, siapa nih cewe.

tiba tiba cewe mahasiswi itu berhenti di ujung gang. menerima telp. lalu sepertinya dia dipandu arah oleh yg nelp. lalu belok masuk ke gang. yehhh, itu mah gang gue juga. males nih..asli…eh tapi lumayan ca’em tuh cewe. otak maskulin gue seringkali mengalahkan semua rasa dendam gue ama cewe cantik…

gue ga liat lagi tu cewe. ilang. ilang dari pandangan…

Gue : ” assalamualaikummm ..mahh, anjar pulaangg!” ssambil buka sepatu di teras.

emak gue : ” kumsalam.. jar, ..sinih, masuk… ma lagi kedatangan tamu spesial ni kebetulan…”

gue masuk ke rumah, dan lsg liat ke ruang tamu..lalu sofa.. dan yes, Fixed. asli. emang gue berjodoh hari ini dengan cewe judes tapi cantik ini…dia lagi braderrr!!! duduk di sofa, tapi kali ini dia maksain senyumnya di depan emak gue….

Mhswi : ” hai.. aku Monik.” begitu ngeliat gue, senyumnya tiba tiba hilang berganti wajah datar, campur aneh, males, dan sejenisnya..

Emak gue : ” Monik.. ini Anjar, kenalin.” gue..dan dia salaman juga dong…idih males…pikir gue

Gue : ” kita udah kenal muka koq mah. sekereta bareng. seangkot bareng. tapi diem dieman” seloroh aku enteng, sambil nyengir kuda…”iya ga ?” tanya ku ke monik…

Monik : mengangguk pelan..

Emak : ” jadi monik ini, calon penganten yg mau mama rias.. bulan depan”

Gue : kaget. tadinya mau jual mahal… mo makan gengsi. ga jadi. ” oh.. wah selamet ya mba” aku langsung sopan kaya ngadep dosen killer…

emak : ” Jar… tapi calonnya … keburu dipanggil Tuhan….” mamahku langsung bicara pelan, halus, hati hati sambil memegang kedua bahu monik, merasa iba. ” monik, mau urus pembatalan”

Gue : ” hahh?” ..serius? ..innalillahi…” …”ikut berduka ya mba monik” baru ngerti. asli. dodol. baru gue ngerti kenapa tu cewe, mukanya sepet. ga aada senyum senyumnya, …ternyata …

Emak : ” maksud mamah, kamu ke bank ya.. tarik uang pembatalan. kebetulan kamu dateng, cash aja ya”

Gue : “koq cash sih ma. knp ga lsg transfer bank aja.?” lebih save.. ” ya kan mba?”

Monik : ” iya mas. bener. tapi sy mau sedekahkan uang itu secara cash ke pesantren yatim piatu, deket rumah ibu Santi..” sambil menunjuk ke arah mamaku.

Emakku : ” iya, jar.. mama udah panjang lebar ngobrol dengan nak monik”… “nak Monik mau niat sedekah buat alm calonnya”

Gue : ” ohhh…” gue simpati bgt. jujur. tapi ada sisi jahannam di pikiran gue, yaitu.. sebuah pertanyaan logis semua laki laki di dunia ini. yaitu… mungkin kah cewe ini nantinya bisa jadi bini gue?? tapi nantiii…. yaa slowly lah.. hati kecilku ngerasa dosa bgt. tapi gue jujur. itulah yg ada di otak gue yg lemah iman ini…

lalu. 2 minggu kemudian…

Gue : ” hi monik. km dimana?”

monik : ” di rumah, ada apa jar?”

Gue : ” mo mampir ya bentar, mama bawain kue buat 100 harinya calon kamu”

monik : ” oh ..iya, makasih ya, sok ajah. jam brp?”

Gue : ” hm ,kira kira jam 4 sore lah sampe…acaranya bada magrib kan?”

monik : ” iya..”

Gue : “oke. makasih ya monik ”

Monik : nun di sebrang sana, di rumahnya. menaruh hp nya. lalu melihat hp nya lama.. sambil berpikir. entah apa yang dipikirnya. lalu dia mengambil hp nya lagi. lalu membuka whattsapp , scroll, dan melihat kontak anjar.. lalu diam. kemudian monik melihat foto profil anjar. kali ini, sambil tersenyum….

entah apa yg dipikrnya….

– selesai –

%d bloggers like this: